Rabu, 16 April 2014

ATMOSFER

(dianatrihanisah.blogspot.com)

1. Apa yang dimaksud Atmosfer?
Lapisan udara yang mernyelimuti bumi ketebalannya 1000km. atmosfer ikut bertotasi dengan kecepatan dan arah yang sama

2.  Apa yang di maksud dengan udara, apa sifatnya?
udara adalah campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan berbau yang memenuhi ruang diatas bumi
Sifat :
1. tidak berwarna
2. tidak berbau
3. berbentuk gas
4. menempati ruangan
5. memiliki massa
6. mempunyai tekanan
7. memuia jika dipanaskan
8. menyusut jika didinginkan

3. Inilah urutan lapisan udara dan pembatasnya

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRt3LSI42agf6BsTiYJf5Ua1i8ftnvCA5pajANZ-MTxvJ-e_7M0zujrMLliS_83eKwyUKZbvYpzigdlEmJWn79RGb_OsIvAO8XSTnz7_OIvFPEGEv-TzV80ziqPj7zUBGusWV0HLWgpgk/s1600/atm31.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIH9vLBeb-fl7A-f6aVRZTcaXXRxD0p_dQNgQynf41QJG_JCQ3zgta6JTnWcFHzU0WBCknfzu0TpTPT2Ul9h4ptOnmbuewkEwzxTG3YowlZQdRuJVFn3ufPBDTV_iD9F7FIdNCMj2LUpc/s1600/strukturatmosfer.jpg
4. Apa Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer?

·       TROPOSFER
                Lapisan ini berada pada level yang terendah, campuran gasnya paling ideal untuk menopang kehidupan di bumi. Dalam lapisan ini kehidupan terlindung dari sengatan radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda langit lain. Dibandingkan dengan lapisan atmosfer yang lain, lapisan ini adalah yang paling tipis (kurang lebih 15 kilometer dari permukaan tanah). Dalam lapisan ini, hampir semua jenis cuaca, perubahan suhu yang mendadak, angin tekanan dan kelembaban yang kita rasakan sehari-hari berlangsung. Suhu udara pada permukaan air laut sekitar 27 derajat Celsius, dan semakin naik ke atas, suhu semakin turun. Dan setiap kenaikan 100m suhu berkurang 0,61 derajat Celsius (sesuai dengan Teori Braak). Pada lapisan ini terjadi peristiwa cuaca seperti hujan, angin, musim salju, kemarau, dsb.
                  Ketinggian yang paling rendah adalah bagian yang paling hangat dari troposfer, karena permukaan bumi menyerap radiasi panas dari matahari dan menyalurkan panasnya ke udara. Biasanya, jika ketinggian bertambah, suhu udara akan berkurang secara tunak (steady), dari sekitar 17 sampai -52. Pada permukaan bumi yang tertentu, seperti daerah pegunungan dan dataran tinggi dapat menyebabkan anomali terhadap gradien suhu tersebut.
Di antara stratosfer dan troposfer terdapat lapisan yang disebut lapisan Tropopause, yang membatasi lapisan troposfer dengan stratosfer.


   Ciri-ciri
* Troposfer merupakan lapisan terbawah atmosfer dengan ketinggian 0-18 km di atas perbukaan bumi.
* Tebal troposfer sekitar 10 km.
* Pada lapisan ini terjadi peristiwa cuaca dan iklim


·       STRATOSFER

Perubahan secara bertahap dari troposfer ke stratosfer dimulai dari ketinggian sekitar 11 km. Suhu di lapisan stratosfer yang paling bawah relatif stabil dan sangat dingin yaitu − 70oF atau sekitar − 57oC. Pada lapisan ini angin yang sangat kencang terjadi dengan pola aliran yang tertentu.Disini juga tempat terbangnya pesawat. Awan tinggi jenis cirrus kadang-kadang terjadi di lapisan paling bawah, namun tidak ada pola cuaca yang signifikan yang terjadi pada lapisan ini.

   Ciri-ciri
* Terletak pada ketinggian 18 – 49 km dari permukaan bumi.
* Terdapat lapisan ozon
* Menyerap radiasi sinar ultraviolet
* Tidak terdapat uap air, awan atau debu atmosfer


·       MESOSFER
Kurang lebih 25 mil atau 40km di atas permukaan bumi terdapat lapisan transisi menuju lapisan mesosfer. Pada lapisan ini, suhu kembali turun ketika ketinggian bertambah, sampai menjadi sekitar − 143oC di dekat bagian atas dari lapisan ini, yaitu kurang lebih 81 km di atas permukaan bumi. Suhu serendah ini memungkinkan terjadi awan noctilucent, yang terbentuk dari kristal es.


  Ciri-ciri
* Terletak pada ketinggian 49 – 82 km dari permukaan bumi.
* Lapisan ini menjadi tameng bumi dari jatuhan meteor dan benda-benda angkasa lainnya.
* Temperatur terendah di mesosfer kurang dari -810C, dan pada puncak mesosfer suhunya bisa mencapai -1000C.


·       TERMOSFER
Transisi dari mesosfer ke termosfer dimulai pada ketinggian sekitar 81 km. Dinamai termosfer karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi pada lapisan ini yaitu sekitar 1982oC. Perubahan ini terjadi karena serapan radiasi sinar ultra violet. Radiasi ini menyebabkan reaksi kimia sehingga membentuk lapisan bermuatan listrik yang dikenal dengan nama ionosfer, yang dapat memantulkan gelombang radio. Sebelum munculnya era satelit, lapisan ini berguna untuk membantu memancarkan gelombang radio jarak jauh.
Dari bagian tengah stratosfer keatas, pola suhunya berubah menjadi semakin bertambah semakin naik, karena bertambahnya lapisan dengan konsentrasi ozon yang bertambah. Lapisan ozon ini menyerap radiasi sinar ultra violet. Suhu pada lapisan ini bisa mencapai sekitar 18oC pada ketinggian sekitar 40 km. Lapisan stratopause memisahkan stratosfer dengan lapisan berikutnya.


   Ciri-ciri
* Terletak pada ketinggian 82 – 800 km dari permukaan bumi.
* Disebut juga lapisan ionosfer
* Sebelum ada satelit, lapisan ini berguna untuk membantu memancarkan gelombang radio jarak jauh


·     LONOSFER

          Lapisan ionosfer yang terbentuk akibat reaksi kimia ini juga merupakan lapisan pelindung Bumi dari batu meteor yang berasal dari luar angkasa karena ditarik oleh grafitasi bumi, dilapisan ionosfir ini batu meteor terbakar dan terurai, jika sangat besar dan tidak habis dilapisan udara ionosfir ini maka akan jatuh sampai kepermukaan Bumi yang disebut Meteorit.
          Fenomena aurora yang dikenal juga dengan cahaya utara atau cahaya selatan terjadi disini. Pengertian Lapisan Termosfer sebagai Lapisan Atmosfir
          Pengertian Lapisan Termosfer sebagai Lapisan Atmosfir) – Lapisan Termosfer Berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Pada lapisan ini, gas-gas akan terionisasi, oleh karenanya lapisan ini sering juga disebut lapisan ionosfer. Molekul oksigen akan terpecah menjadi oksegen atomik di sini. Proses pemecahan molekul oksigen dan gas-gas atmosfer lainnya akan menghasilkan panas, yang akan menyebabkan meningkatnya suhu pada lapisan ini. Suhu pada lapisan ini akan meningkat dengan meningkatnya ketinggian. 

Ionosfer dibagi menjadi tiga lapisan lagi, yaitu :

1. Lapisan Udara Terletak antara 80 – 150 km dengan rata-rata 100 km dpl. Lapisan ini tempat terjadinya proses   ionisasi tertinggi. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara KENNELY dan HEAVISIDE dan mempunyai sifat memantulkan gelombang radio. Suu udara di sini berkisar – 70° C sampai +50° C .
2. Lapisan udara F Terletak antara 150 – 400 km. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara  APPLETON.
3. Lapisan udara atom Pada lapisan ini, materi-materi berada dalam bentuk atom. Letaknya lapisan ini antara 400 – 800 km. Lapisan ini menerima panas langsung dari matahari, dan diduga suhunya mencapai 1200° C .

·       EKOSFER
          Eksosfer adalah lapsan bumi yang terletak paling luar. Adanya refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga disebut sebagai cahaya Zodiakal
  

Ciri-ciri
 Eksosfer lapisan atmosfer kelima, terletak pada ketinggian 800-1000 km dari permukaan bumi.
* Lapisan ini merupakan lapisan paling panas
* Molekul debu dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km dari permukaan bumi
* Lapisan ini disebut juga ruang antarplanet dan geostasioner
* Lapisan ini sangat berbahaya karena merupakan tempat terjadi kehancuran meteor dari angkasa luar.


5. Apa Manfaat Atmosfer bagi  kehidupan?

Atmosfer mempunyai peranan dalam kehidupan di permukaan bumi antara lain.
1.       Melindungi bumi dari jatuhnya benda angkasa seperti meteor, komet dll.
2.       Menjaga temperatur udara  di permukaan bumi agar tetap bermanfaat untuk kehidupan
3.       Memantulkan gelombang radio
4.       Membantu menjaga stabilitas suhu udara siang dan malam
5.       Menyerap radiasi dan sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi manusia dan makhluk bumi lainnya.
6.       Menciptakan cuaca, berupa hujan dan salju sehingga terjadilah musim panas dan musim dingin.
7.       Sarana berlangsungnya proses pembakaran, tanpa udara kita tidak dapat menyalakan api, bernafas, dan sebagainya


6. Apa perbedaan Cuaca dan Iklim?
Dimensi Ruang
Dimensi Waktu
Sifat
Cuaca
Sempit
Singkat
Dinamis
Iklim
Lebih Luas
Panjang
Tidak Terlalu

7. Apa Unsur yang mempengaruhi cuaca dan iklim suatu tempat?
Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya suhu udara suatu daerah adalah:
a. Lama penyinaran matahari.
b. Sudut datang sinar matahari.
c. Relief permukaan bumi.
d. Banyak sedikitnya awan.
e. Perbedaan letak lintang.

8. Bagaimana bumi memanasi atmosfer?

1. Pemanasan secara langsung

    Pemanasan secara langsung dapat terjadi melalui beberapa proses sebagai berikut:
·                     Proses absorbsi adalah penyerapan unsur-unsur radiasi matahari, misalnya sinar gama, sinar-X, dan ultra-violet. Unsur unsur yang menyerap radiasi matahari tersebut adalah oksigen, nitrogen, ozon, hidrogen, dan debu.
·                     Proses refleksi adalah pemanasan matahari terhadap udara tetapi dipantulkan kembali ke angkasa oleh butir-butir air (H2O), awan, dan partikel-partikel lain di atmosfer.
·                     Proses difusi apabila sinar matahari mengalami difusi maka sinar matahari dapat berupa sinar gelombang pendek biru dan lembayung berhamburan ke segala arah. Proses ini menyebabkan langit berwarna biru.

2. Pemanasan tidak langsung
    Pemanasan tidak langsung dapat terjadi dengan cara-cara berikut:
·                     Konduksi adalah pemberian panas oleh matahari pada lapisan udara bagian bawah kemudian lapisan udara tersebut memberikan panas pada lapisan udara di atasnya.
·                     Konveksi adalah pemberian panas oleh gerak udara vertikal ke atas.
·                     Adveksi adalah pemberian panas oleh gerak udara yang horizontal (mendatar).
·                     Turbulensi adalah pemberian panas oleh gerak udara yang tidak teratur dan berputar-putar ke atas tetapi ada sebagian panas yang dipantulkan kembali ke atmosfer.

9.   Apa Faktor yang mempengaruhi perbedaan suhu di suatu daerah?

1.      ¡Sudut datangnya sinar matahari.
2.      Tinggi Rendahnya Tempat
3.      Angin Dan Arus Laut.
4.      Lamanya Penyinaran.
5.      Awan.

10.Mengapa Guci lebih rendah suhunya dari pada  slawi?
Kalau kita naik gunung, maka kita berada di dataran yang tinggi. Di tempat yang tinggi itu, tekanan udaranya semakin rendah sehingga suhu udaranya pun menurun. Nah, itu adalah salah satu
penyebab mengapa suhu udara di pegunungan lebih dingin daripada suhu di dataran rendah.

bahwa daerah di pegunungan menerima matahari yang lebih banyak dan lebih dekat, tetapi radiasi matahari yang diterima lebih banyak digunakan untuk mengirim energi.
Dan anyak pepohonan, Soalnya, sebagian besar radiasi matahari lebih banyak dipakai untuk pertumbuhan tanaman dan proses transpirasi (pelepasan molekul air oleh tanaman ke atmosfer).
Hal ini juga yang menyebabkan suhu udara jadi lebih rendah sehingga jika kita berada
dipegunungan merasakan udara yang dingin.


11.                 Mengapa Saudi Arabia lebih tinggi suhunya dari pada Indonesia?
Karena di Arab Saudi merupakan daratan padang pasir. Untuk daerah yang daratanya lebih banyak maka daratan tersebut akan mudah menerima panas. Sedangkan di Indonesia yang merupakan negara yang banyak lautnya suhunya lebih rendah, karena air sulit dalam menerima panas.

12.                   Sebuah gunung di wilayah Indonesia dengan ketinggian 3400m suhu rata-rata 26° C. Berapa suhu di puncak?

Suhu =  26 - 0,6 x 3400
                                100
     = 26 - 20,4
     = 5,6°

13.                 Perhatikan gambar berikut ! Berapa suhu di A?
14.                     Suhu rata-rata Indonesia 26°C, Suhu di puncak 8°C. Berapa ketinggiannya?








15.                     Apa itu isobar?

Isobar
Isobar adalah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda) tetapi mempunyai jumlah nomor massa yang sama. Karena nomor atomnya berbeda maka sifat-sifatnya juga berbeda.
Contoh:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikfyoDhaSn4nAPIv2dGMpUdGGpvDTsWNrzLGw_OTfKy-oCO2MYegqfszbIhfQUcepHhPNFnnpOUxcEekbVDmyO7Q_knTBR67hIwcL3y3_k55zvav7tWX0AXXFP5uoXmnlj1LJENcNwFXTb/s200/isobar.gif


16.                     Apa itu udara permanen dan Variabel ?







16. Sebut dan jelaskan satuan dalam pengukuran !

1.      Barometer air raksa
2.      Barometer aneroid
Tekanan  udara dalam barometer raksa diaca dalam cm raksa(cm Hg) satuan ukuran tekanan udara adalah milibar(mb)
1mb = 4 mm tekanan air raksa atau 1.013 m = 76 cm = 1 Atmosfer
1mb = ¾ mm Hg, 1000 mb = 750 mm Hg

17. Apa saja Faktok yang mempengaruhi tekanan udara?

a)      Tinggi rendanya suatu tempat (Secara Vertikal)
Semakin tinggi suatu tempat, lapisan udaranya semakin tipis dan semakin renggang. Akibatnya tekaan udara semakin rendah.
Setiap kenaikan 100m, tekanan udara semakin rendah (10-11 mb)
b)      Temperatur (Secara Horizontal)
Jika temperatur udaranya tinggi maka volume molekul udaranya berkembang dan tekanan menjadi rendah. Semakin ke kutu tekanan udara semakin rendah


18. Tuliskan hukum kekuatan angin St. Stevenson !

Hukum Stevenson
“Kekuatan angin berbanding lurus dengan gradien barometriknya”
Gradien Barometrik adalah angka yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua Isobar pada jarak 15 meridia / 1° (111km) garis-garis peta yang mengubungkan


19. Tuliskan Hukum Boys Ballot

Hukum Boys Ballot
1.      Angin mengalir dari tempat yang bertekanan maksimum (dingin) ke tempat yang bertekanan minimum (panas)
2.      Angin yang datang dari belahan bumi utara berbelok ke kanan, dan di belahan bumi selatan berbelokkan ke kiri (terjadi pembelokan/pembiasan)


16. Sebut dan jelaskan satuan dalam pengukuran !

1.      Barometer air raksa
2.      Barometer aneroid
Tekanan  udara dalam barometer raksa diaca dalam cm raksa(cm Hg) satuan ukuran tekanan udara adalah milibar(mb)
1mb = 4 mm tekanan air raksa atau 1.013 m = 76 cm = 1 Atmosfer
1mb = ¾ mm Hg, 1000 mb = 750 mm Hg

17. Apa saja Faktok yang mempengaruhi tekanan udara?

a)      Tinggi rendanya suatu tempat (Secara Vertikal)
Semakin tinggi suatu tempat, lapisan udaranya semakin tipis dan semakin renggang. Akibatnya tekaan udara semakin rendah.
Setiap kenaikan 100m, tekanan udara semakin rendah (10-11 mb)
b)      Temperatur (Secara Horizontal)
Jika temperatur udaranya tinggi maka volume molekul udaranya berkembang dan tekanan menjadi rendah. Semakin ke kutu tekanan udara semakin rendah


18. Tuliskan hukum kekuatan angin St. Stevenson !

Hukum Stevenson
“Kekuatan angin berbanding lurus dengan gradien barometriknya”
Gradien Barometrik adalah angka yang menunjukkan perbedaan tekanan udara dari dua Isobar pada jarak 15 meridia / 1° (111km) garis-garis peta yang mengubungkan


19. Tuliskan Hukum Boys Ballot

Hukum Boys Ballot
1.      Angin mengalir dari tempat yang bertekanan maksimum (dingin) ke tempat yang bertekanan minimum (panas)
2.      Angin yang datang dari belahan bumi utara berbelok ke kanan, dan di belahan bumi selatan berbelokkan ke kiri (terjadi pembelokan/pembiasan)





ANGIN
1.      Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk Angin Tetap !
a.)    Angin Pasat
Angin yang bertiup sepanjang tahun dari daerah Subtropis (maksimum) ke daerah Tropis (Minimum)  terjadi di daerah Katulistiwa
1.      Angin pasat timur laut yang bertiup di elahan bumi utara
2.      Angin pasat tenggara yang bertiup di belahan bumi selatan
b.)   Angin Barat
Bertiup di daerah lintang sedang, angin barat berhembus treus-menerus sepanjang tahun dari arah barat (sub tropika) ke timur (sub polar) maksimum
c.)    Angin Timur
Di daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan bumi terdapat daerah dengan tekanan udara maksimum. Dari daerah ini mengalirlah angin ke daerah minimum subpolar (60° LU/LS). Angin ini disebut angin Timur. Angin timur ini bersifat dingin karena berasal dari daerah kutub.


2.      Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk Angin Tetap !
1.      Angin laut dan Angin Darat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkv6tbDYWQUGEb5yHBP1bi3RkQe0LUQmw2L4p-BtJTVuCGKM4JwMAXeTE9nlarnWHmR-6LuXitdiasOSKMVfHUtVccLcT5fM4uFNC71VIvTI8tLRqRfzqV3oOj6zdsKSfqX9d9pEFvgDE/s400/Angin+darat+dan+angin+laut.jpg


A.    Angin Laut
Angin laut adalah angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat yang umumnya terjadi pada siang hari dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00. Angin ini bisa dimanfaatkan para nelayan untuk pulang dari menangkap ikan di laut.

B.     Angin Darat
Angin darat adalah angin yang bertiup dari arah darat ke arah laut, yang pada umumnya terjadi saat malam hari, dari jam 20.00 sampai dengan 06.00.
Angin jenis ini bermanfaat bagi para nelayan untuk berangkat mencari ikan dengan
perahi bertenaga angin sederhana.

2.Angin Lembah dan Angin Gunung



a.Angin Lembah
Angin Lembah adalah angin yang bertiup dari arah lembah ke puncak gunung dan biasa terjadi pada siang hari.

b.Angin Gunung
Angin Gunung adalah angin yang bertiup dari puncak gunung  ke lembah gunung dan terjadi pada malam hari.

3.      Angin Fohn


Angin Fohn (Angin Jatuh) adalah angin yang terjadi sesuai hujan Orografis. Angin yang bertiup pada suaatu wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda.

Angin Fohn terjadi karena ada gerakan massa udara yang naik pegunungan yang tingginy lebih dari 200 meter , naik di satu sisi lalu turun di sisi lain. Angin Fohn yang jatuh dari puncak gunung bersifat panas dan kering , karena uap air sudah di buang pada saat hujan orografis.
Biasanya angin ini bersifat panas merusak dan dapat menimbulkan korban. Tanaman yang terkena angin ini bisa mati dan manusia yang terkena angin ini bisa turun daya tahan tubunya terhadap serangan penyakit.

4.      Angin Muson


Angin muson atau biasanya disebut sengan angin musim adalah angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan) dan antara periode yang satu dengan periode yang lain polanya akan berlawan yang berganti arah secara berlawanan setiao setengah tahun.

Angin Muson terbagi atas dua macam,yaitu :

A.    Angin Muson Barat
Angin Musim/Muson Barat adalah angin yang mengalir dari benua Asia (musim dingin) ke Benua Australia (musim panas) dan mengandung curah hujan yang banyak di Indonesia bagian barat, hal ini disebabkan karena angin melewati tempat yang luas, seperti perairan dan samudra.
Contoh perairan dan samudra yang dilewati adalah Laut China Selatan dan Samudra Hindia. Angin Musim Barat menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan. Angin ini terjadi pada bulan Desember, Januari dan Februari, dan maksimal pada bulan januari dengan Kecepatan Minimum 3 m/s.

B.     Angin Muson Timur
Angin Musim/Muson Timur adalah angin yang mengalir dari Benua Australia( musim dingin) ke Benua Asia (Musim panas) sedikit curah hujan ( kemarau) di Indonesia bagian timur karena angin melewati celah-celah sempit dan berbagai gurun (Gibson, Australia Besar, dan Victoria). Ini yang menyebabkan indonesia mengalami musim kemarau. Terjadi pada bulan juni, juli dan Agustus, dan maksimal pada bulan juli.

3.      Jelaskan terjadinya angin muson barat dan timur di Indonesia. Gambarkan !
1.      Angin Muson Barat
·         Omar (oktober-maret)
·         Matahari di BBS
·         BBS Minimum
·         BBU Minimum
·         Anginnya lembab/basah
(80% uap air berasal dari laut cina selatan)
·         Musim penghujan


2.      Angin Muson Timur
·         Asep (April-September)
·         Matahari di BBU
·         Persebaran tekanan udara BBU (-) dan BBS (+)
·         Angin kering (sedikit uap air)
1)      Melewati laut yang sempit
2)      Berasal dari australia (¾ gurun)

Musim pancaroba
·         Musim Pancaroba Mareng
Dari penghujankemarau (bulan april)
·         Musim Pancaroba Labuh
Dari kemaraupenghujan (bulan september)



Nama angin di tentukan dari mana angin itu bertiup



 


Jenis Angin Font

Pasuruan, Probolinggo

Gunung Tengger
   Angin Gending Grenggong

Deli

                         Pegunungan Bukit Barisan
                        Angin Bahorok

Makasar

        Pegunungan Tempobatang
       Angin Brubu

Pulau Biak

        Pegunungan Jayawijaya
             Angin Wambrow

Tegal barat  (Cirebon)

Gunung Slamet
Angin Kumbang


Angin Siklon dan Anti Siklon

http://pbs.twimg.com/media/BUhsVinCAAAWqc0.jpg



"Iklim"


.      Jelaskan pembagian iklim matahari!
1.      Iklim matahari : iklim yang di dasarkan pada banyak sedikitnya penerimaan sinar matahari di permukaan bumi. Disebut juga iklim lintang.
Iklim matahari terdiri dari :
-          Iklim tropis            : 23,5oLU – 23,5oLS
-          Iklim subtropics     : 23,5o – 40oLU dan 23,5o – 40oLS
-          Iklim sedang          : 40o – 66,5oLU dan 40o – 66,5oLS
-          Iklim kutub            : 66,5oLU – 90oLS – 90oLS
Pembagian musim di Belahan Bumi Selatan dan Belahan Bumi Utara

BBU
BBS
2½ (musim semi)
2 (musim gugur)
2 (musim panas)
2 (musim dingin)
23/9  (musim gugur)
 23/9  (musim semi)
22/12 (musim dingin)
22/12 (musim panas)

 2.      Apa yang dimaksud ikilm fisis dan berikan contohnya!
2.      Iklim fisis        : iklim yang dipengaruhi alam sekitar.
Pembagian iklim fisis :
1)   Iklim darat/           : terjadi di daerah yang sangat luas, sehingga angin yang continental      terpengaruh terhadap daerah tersebut adalah angin darat
   yang kering.

2)   Iklim laut              : iklim ini terdapat di daerah Eropa tropis dan subtropics,
angin yang berpengaruh terhadap daerah tersebut adalah
angin laut yang lembab.
3)   Iklim dataran        : iklim ini mengalami perubahan suhu harian dan tahunan,
tinggi                       tekanan rendah, sinar matahari terik dan mengandung
sedikit uap air.
4)   Iklim                     : iklim ini terdapat di daerah pegunungan.
Pegunungan

 3.      Iklim fisis Indonesia adalah laut & muson,sebutkan masing-masing ciri-cirinya!
3.      Ciri-ciri iklim laut :
-  Amplitude/perbedaan suhu harian kecil.
-  Banyak awan/kelembapan tinggi.
-  Curah hujan tinggi
-  Dipengaruhi oleh laut
Ciri-ciri iklim muson :
-  Setengah tahun bertiup angin laut yang basah dan menimbulkan hujan
-  Setengah tahun berikutnya bertiup angin darat yang kering, menimbulkan musim kemarau.


 4.      Sebutkan cirri-ciri iklim darat & berikan contoh wilayahnya!
4.      Ciri-ciri iklim darat :
a.       Amplitudo suhu harian tinggi
b.      Curah hujan yang sedikit
c.       Awan tidak terlalu banyak
d.      Hujan hanya sebentardisertai badai

 5.      Jelaskan pembagian iklim jung hunt!
5.      Iklim Junghunt didasari oleh ketinggian, tempat, dan vegetasi.
Pembagiannya :
Ø  Iklim Panas                  (0-650 m) => tanaman padi, tebu, karet dll
Ø  Iklim Sedang    (650-1500 m) => tanaman tembakau, kopi dll
Ø  Iklim Sejuk                  (1500-2500 m) => tanaman Horticultural
Ø  Iklim Dingin    (2500 ke atas) => Lumut

6.      Jelaskan pembagian iklim menurut Koppen!
Jawab: Iklim Koppen (Dr. Wladimir Koppen : 1846 – 1940)
Seorang ahli iklim dan geografi tumbuh-tumbuhan dari Universitas Graz
Australia. Pembagian iklim berdasarkan suhu udara dan curah hujan. Iklim menurut Koppen ada 5 :
1.       Tipe A (tropic) :
Ø Suhu rata-rata diatas 18oC
Ø Tidak mengalami musim dingin
Ø Curah hujan dan penguapan tinggi >2000mm
2.      Tipe B (kering) :
Ø Penguapan melebihi curah hujan
Ø Persediaan angin sangat sedikit
Ø Tidak ada sungai permanen


3.      Tipe C (sedang hangat)
Ø Suhu pada bulan terdingin kurang dari -3oC pada bulan terpanas suhu rata-rata lebih dari 10oC
Ø Mempunyai musim panas dan musim dingin
4.       Tipe D (dingin)    
Ø Suhu pada bulan terdingin kurang dari -3oC
Ø Pada bulan terpanas lebih dari 10oC
Ø Letak isotherm hampir bersamaan dengan batas pertumbuhan hutan ke kutub.
5.      Tipe E (es abadi)
Ø Suhu rata-rata bulan terpanas kurang dari 10oC
Ø Tidak mempunyai musim panas sebenarnya

Tipe iklim A, C, D, E ditentukan oleh rata-rata suhu, sedangkan tipe iklm B ditentukan oleh perbandingan penguapan dan curah hujan.
Kelima iklim diatas dibagi menjadi subkelompok dengan huruf :
s (iklim stepa)       : iklim semi arid, curah hujan rata-rata tahunan ±38 – 76oC
w (iklim gurun)    : iklim arid, curah hujan rata-rata tahunan <35cm
f                                  : lembap, hujan cukup setiap bulan, tidak ada musim kering, berlaku di tipe A, C, D
m                                : musim kemarau lebih panjang daripada hujan

Kombinasinya :
Af   : hujan tropic (Kalimantanm Sumatera, Papua)
Am  : iklim musim (Bali, Jawa)
Aw  : savanna tropic (Bogor, Bandung)
BS   : ikllim stepa
BW  : iklim gurun
Cw  : iklim hutan sedang (mesotermal lembap dengan musim dingin kering)
Cf    : iklim hujan sedang, basah sepanjang tahun
Cs    : iklim hujan sedang, dengan summer kering
Df   : iklim hutan dingin bersalju, basah sepanjang tahun
Dw  : iklim hujan bersalju, dengan winter kering
ET   : iklim tundra/lumut, rumput, semak
EF   : iklim beku terus-menerus (es abadi)
                EFHigh : puncak Jaya Wijaya >3000m, salju abadi

7.      Menurut koppen, wilayah Indonesia iklim apa?
7.      Berdasarkan klasifikasi iklim W. Koppen, sebagian besar iklim Indonesia berada di Iklim A.

8.      Jelaskan pembagian Schmidt-Ferguson?
8.      Iklim meurut Schmidt-Ferguson didasarkan pada perbandingan antara rata-rata bulan basah dan rata-rata bulan kering dikali 100%
Pembagiannya :
Tipe Iklim
Nilai Q (%)
Keadaan Iklim dan Vegetasi
A
< 14,3
Daerah sangat basah, hutan hujan tropika
B
14,3 – 33,3
Daerah basah, hutan hujan tropika
C
33,3 – 60,0
Daerah agak basah, hutan rimba, daun gugur pada musim kemarau
D
60,0 – 100,0
Daerah sedang, hutan musim
E
100,0 – 167,0
Daerah agak kering, hutan sabana
F
167,0 – 300,0
Daerah kering, hutan sabana
G
300,0 – 700,0
Daerah sangat kering, padang ilalang
H
> 700,0
Daerah ekstrim kering, padang ilalang

9.      Daerah suka maju data curah hujan sebagai berikut :
BL
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Ch
130
135
115
94
80
55
51
50
40
87
99
101
 Tentukan iklim menurut Schmidt-Ferguson!
9.      Termasuk Iklim D (Iklim sedang)

10.              Jelaskan iklim menurut oldemen!
10.  Iklim menurut Oldemen didasarkan pada banyaknya bulan basah dan bulan kering  secara berturut-turut yang dikaitkan dengan sistem pertanian untuk daerah-daerah tertentu
Pembagiannya :
·         Iklim A     :Jika terdapat lebih dari 9 bulan basah berurutan.
·         Iklim B     :Jika terdapat 7–9 bulan basah berurutan.
·         Iklim C     :Jika terdapat 5–6 bulan basah berurutan.
·         Iklim D     :Jika terdapat 3–4 bulan basah berurutan.
·         Iklim E      :Jika terdapat kurang dari 3 bulan basah berurutn

 11.              Sebutkan factor-faktor perubahan iklim!
11.  Faktor yang mempengaruhi perubahan iklim :
Ø  Aktivitas matahari
Ø  Pergerakan lempeng
Ø  Letusan gunung
Ø  Karbondioksida yang berlebihan
Ø  Penebangan liar
Ø  Penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan
Ø  Penggunaan rumah kaca

12.              Apa yang dimaksud global warming & sebutkan faltor-faktornya?
12.  Global warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. (Wikipedia)
Faktornya adalah :
Ø  Efek rumah kaca
Ø  Efek umpan balik
Ø  Penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan.
Ø  Kurangnya hutan penyerap karbondioksida (paru-paru dunia)

13.              Apa yang dimaksud El Nino dan La Nina?

13.  El Nino 
adalah fenomena alam dan bukan badai, secara ilmiah diartikan meningkatnya suhu muka laut di sekitar Pasifik
Tengah dan Timur sepanjang ekuator dari nilai rata-ratanya. Menyebabkan curah hujan berkurang, bahkan
pernah menimbulkan kekeringan panjang di Indonesia. Lebih buruknya dapat menyebabkan kebakaran hutan.
La Nina 
merupakan suatu kondisi dimana terjadi penurunan suhu muka laut di kawasan Timur ekuator di Lautan Pasifik. Dalam kondisi La Nina, Indonesia memiliki curah hujan yang lebat.



 




2 komentar:

  1. How to make money from gambling, poker, skill games
    A money youtube mp3 poker bet is a type of bet that can be placed to receive money. A money game can also videodl.cc be made by putting money on a slot machine. This งานออนไลน์ is the

    BalasHapus
  2. Aussie casino set to offer Australian customers a free £25 free bet
    › › New Zealand › › 파주 출장마사지 New Zealand Aussie casino has 김천 출장마사지 set a 통영 출장안마 new online 대전광역 출장안마 betting option for Australian customers. The brand, which features a brand new Australian theme, will be offering free 제주도 출장안마

    BalasHapus